Wajib Tau, Ini Dia 20 Manfaat Les Renang Buat Anak

denyhendratno

 

  1. Meningkatkan daya tahan

Bagi orang dewasa yang rutin berenang. Manfaatnya bisa menjauhkan tubuh dari stroke dan penyakit jantung. Hal tersebut terjadi karena gerakan renang yang mampu memperlancar peredaran darah menuju jantung. Begitu juga dengan anak-anak yang rutin les berenang, mereka berpeluang besar untuk menigkatkan daya tahan tubuh. Tidak gampang sakit.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Sebuah penelitian terbaru di Griffith University Australia, melakukan survei kepada lebih dari 10.000 anak berusia rata-rata lima tahun pada sebuah les renang. Penelitian tersebut dipimpin oleh peneliti utama Profesor Robyn Jorgensen. Hasil penelitian menemukan bahwa anak-anak tersebut memiliki kemampuan yang lebih baik dalam ekspresi lisan, membaca dan menghitung.

  1. Menggali potensi diri

Banyak orang meyakini bahwa potensi anak yang dibentuk lebih awal akan lebih maksimal ketika dewasa. Maka dari itu, ajak mereka mencoba banyak hal. Sehingga orang tua bisa menemukan kelebihan dan kekurangan anak dengan detail.

  1. Mengasah keberanian

Dalam proses belajar renang, anak-anak hampir setiap hari digembleng materi teknik dasar dan asah mental di kolam renang dalam. Dosis yang kita berikan untuk mengasah mental biasanya memacu adrenalin anak. Buktinya tidak sedikit yang mogok dan ketakutan. Dengan metode kurikulum kita yang asik, anak berhasil melawan ketakutan dan mengalahkan dirinya sendiri. Sehingga anak jauh lebih percaya diri.

  1. Menstimulasi tinggi badan

Rutin berenang dalam masa pertumbuhan, sangat berpengaruh dalam proses menstimulasi tinggi badan anak. Hal tersebut di sebabkan karena aktifitas berenang yang rutin memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan. Hampir semua otot-otot dalam tubuh aktif saat berenang. Selain itu renang juga dianggap dapat membantu perpanjangan serta memperbaiki tulang belakang dan kaki.

  1. Melatih kedisipinan

Aktifitas rutin berenang menuntut anak untuk mengatur waktu dengan efisien. Terutama bagi anak yang punya banyak kegiatan. Misalnya les pelajaran, les ngaji, les musik dan les olahraga lain. Anak akan belajar mejemen waktu seperti orang dewasa. Tidak buang-buang waktu, cekatan, dan bisa merencanakan kegiatannya.

  1. Melatih kemandirian

Tidak sedikit siswa kita setelah rutin les berenang anak mulai belajar mencuci bajunya sendiri, menyiapkan semua peralatan sebelum berangkat les renang, belajar mandi sendiri, sampai berani berangkat dan pulang sendiri diantar naik gojek. Hal ini tentu bonus yang luar biasa buat perkembangan anak.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Kami sering sekali menjumpai anak selesai les berenang langsung minta makanan. Baik makanan berat atau pun makanan ringan. Tidak cukup itu saja, banyak pengakuan dari orang tua bahwa porsi makanya anak bertambah pesat. Yang tadinya nggak doyan sayur jadi doyan. Yang tadinya susah makan jadi sebentar-sebentar minta makan.

  1. Menyembuhkan beberapa penyakit

Beberapa daftar penyakit anak yang bisa sembuh dari les berenang diantaranya adalah asthma, bronkhitis dan sinusitis. Beberapa anak yang datang pada kami dengen keluhan tersebut atas rekomendasi dokter tentunya. Rutin berenang menjadi kunci kesembuhan atau mengurangi risiko gejalanya.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Saat berenang anak dalam tubuh anak menghasilkan beberapa hormon endorfin dan serotonin. Hormon tersebut membuat anak akan merasakan senang dan rileks. Aktifitas berenang menggerakan semua bagian tubuh anak, sehingga anak merasa lelah. Dari rasa Lelah tersebut, membuat anak tidur lebih nyenyak dari biasanya.

  1. Menyalurkan energi anak

Bagi anak yang motoriknya dominan dan lebih aktif, berenang adalah kegiatan yang sangat cocok untuk melampiaskan energinya. Anak seperti ini biasanya di rumah nggak bisa diam dan bergerak kesana kemari. Dari pada energinya terbuang, bukankah lebih baik menyalurkan energinya pada aktivitas yang bermanfaat?

  1. Mengatasi trauma depresi

Mengajak anak ke tempat wisata air adalah sesuatu yang sangat ditunggu oleh mereka. Tapi berisiko petaka jika anak tidak bisa berenang, misalnya tenggelam. Oleh sebab itu, anak yang pernah mengalami trauma tenggelam biasanya kapok dengan air. Pengalaman kami selama bertahun-tahun trauma tersebut bisa di hilangkan dengan les berenang.

  1. Mempertajam bonding anak

Setelah les berenang, mayoritas anak bercerita panjang lebar pada kedua orang tuanya. Bahkan pada saudara yang dia jumpai. Hal ini tentu sebuah situasi yang sangat luar biasa. Karena komunikasi anak dengan Ayah Bundanya sangat intens. Studi Ainsworth, seorang pakar teori kelekatan anak. Diketahui bahwa sebagian besar anak mengalami perasaan aman (secure) terhadap orangtuanya. Sementara ada sebagian kecil yang mengembangkan perasaan tidak aman (insecure). Hal tersebut di sebabkan oleh tingkat bonding anak dengan orang tuanya. Kemudian studi tersebut membuktikan bahwa anak yang secure cenderung berkembang lebih sehat mental dibandingkan anak insecure. Anak yang merasa aman akan tumbuh dengan perasaan bahagia dan mudah menghindari stres.

  1. Memberi bekal keselamatan

Ketika anak les berenang dengan sungguh-sungguh dan punya target jago berenang. Besar kemungkinan dia akan sangat secure saat berada di kolam renan yang dalam. Karena program latihan les berenang kita ciptakan khusus untuk membuat anak supaya bisa berenang plus aman di kolam renang yang dalam.

  1. Solusi kecanduan gadget

Banyak fakta dan berita bahwa anak jika berlebihan menggunakan gadget akan berisiko kecanduan. Setelah kecanduan akan mengakibatkan banyak hal negatif. Menurut beberapa ahli salah satu cara mengurangi dan mengatasinya adalah dengan memberikan aktifitas luar ruangan yang bermanfaat. Salah satunya dengan mengajak mereka les berenang.

  1. Meningkatkan kardiovaskuler

Menurut studi dari University of South Carolina. Seorang perenang memiliki 53%, 50%, dan 49% lebih rendah untuk semua penyebab risiko kematian daripada orang yang tidak banyak bergerak. Hal tersebut dikarenakan berenang termasuk olahraga kardio yang melibatkan jantung paru-paru, dan sistem peredaran darah.

  1. Meningkatkan kebahagian anak

Peneliti dari University of Vermont menemukan bahwa olahraga selama 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Olahraga bisa mempengaruhi kondisi mental anak ketika dalam suasana hati yang buruk. Anak yang aktif melakukan aktifitas fisik, merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Mengapa? Karena renang mampu meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh anak.

  1. Mengurangi stres dan kecemasan

Sebuah penelitian yang diterbitkan British Medical Journal. Memberikan bukti bahwa berenang membantu meningkatkan suasana hati yang positif. Secara umum olahraga telah terbukti mempengaruhi neurotransmitter di otak yang mengontrol suasana hati, begitupula dengan aktivitas fisik berenang anak-anak. Selain itu, berenang juga membantu meningkatkan produksi endorfin anak yang mendorong rasa bahagia. Yang memebantu meredakan rasa cemas dan stres.

  1. Menemukan bakat anak

Setiap anak lahir dengan keistimewaan. Tapi tidak setiap orang tua mampu menemukan apa yang menjadi kemampuan terbesar buah hatinya. Salah satu cara menemukannya adalah memberi kesempatan melakukan banyak hal positif. Berenang adalah aktifitas untuk mengindentifikasi bakat anak yang banyak di rekomendasikan oleh para ahli.

  1. Membentuk karakter positif

Setelah kita paham ada banyak hal yang bermanfaat dari renang. Dalam proses pembelajaran yang tidak kalah penting adalah tentang pembentukan karakter. Bahkan menurut kami aktivitas les renang bukan membuat anak jago berenang, tapi membentuk karakter anak. Mereka belajar tentang kerja keras, ketekunan, ketahanan, kejujuran, bersosial dan banyak lagi.

 

 

Share:

Related Post

Leave a Comment

Curi konten kami denda 10juta!