Jangan Ditiru! 5 Cara Gagal Les Berenang

denyhendratno

Ada tips supaya anak cepet jago renang. Ada juga cara gagalnya. Berikut tutorial cara gagalnya. Jangan ditiru ya, buat pemahaman aja. Simak sampai habis.

 

  1. Malas berangkat latihan

Kondisi semangat anak wajar jika naik turun. Ada saat rajin, ada saat malas-malasan. Tapi jika malasnya dominan, akan menyebabkan anak sering izin tidak masuk les renang. Kondisi ini apabila anak baru awal latihan akan menyebabkan tidak konsisten. Tidak konsisten akan mengakibatkan progress anak terhambat dan targetnya tidak lekas tercapai. Ditambah Ayah Bunda juga merasa rugi, karena udah membayar les tapi anak kebanyakan izin. Solusinya adalah sebelum daftar les renang pastikan anak antusias dan exited mengikuti les renang.

  1. Orang tua terlalu sibuk

Sebelum anak daftar les renang, pastikan ada orang dewasa yang siap mengantar ke kolam renang. Bisa Ayah Bunda sendiri, tante omnya, kakek neneknya, atau percayakan pada jasa gojek dan grab. Jangan sampai karena Ayah Bunda sibuk dengan beragam kegiatan, anak nggak sempat diantar les renang. Sekali dua kali ada acara mendadak nggak masalah. Tapi jika sering, otomatis mempengaruhi progress renang anak.

  1. Tidak patuh aturan

Setiap penyedia jasa les renang pasti punya aturan. Apalagi kita yang sudah lebih dari 10 tahun berpengalaman, memiliki aturan yang detail dan lengkap. Tak lain tujuannya supaya progress anak maksimal dan mencapai target jago berenang. Mulai jadwal les renang sampai perlengkapan renang, anak harus mengikuti aturan yang sudah disepakati.

  1. Kebanyakan les

Mayoritas orang tua sepakat, buah hatinya punya kemampuan lebih. Jadi anak didaftarkan banyak kegiatan les. Misalnya yang sering kami jumpai adalah les renang, les taekwondo, les drum, les piano, les vokal, les bahasa inggris, les nari sampai les wayang. Saran kami sesuaikan dengan energi anak. Jangan berlebihan memberikan kegiatan, karena kemampuan anak juga terbatas. Mulailah dari yang disukai anak dulu. Tercapai targetnya, baru daftar les lainnya. Kalau mau bareng sekaligus, menurut kami antara 2-3 les cukup.

  1. Tak pernah daftar

Ini yang paling utama. Gimana mau jago berenang jika tak pernah daftar? Udah pasti gagal les renang dan besar kemungkinan anak tak akan mencapai target jago renang. Karena skill berenang perlu dilatih dan diinstal pada anak. Kalau pun bisa, biasanya anak yang memiliki cerdas motorik diatas rata-rata.

 

Share:

Related Post

Leave a Comment

Curi konten kami denda 10juta!